JAKARTA semrawut Ruang perkantoran terus mengalami perubahan setiap tahunnya. Makin dengan adanya pandemi covid-19 seperti saat ini pada mana tren dari penggunaan ruang kantor mengalami mutasi.

Head of Project Management Colliers Global Indonesia Hendry Sugianto mengatakan, seiring dengan berjalannya masa, terjadi perkembangan yang disebut dengan agile workplaces. Kejadian ini menyebabkan kedepannya menguatkan jika sebuah gedung perkantoran akan dibagi menjadi tiga tipe.

  Baca serupa: Banyak Pengusaha Negosiasi Ulang Sewa Kantor karena WFH

Macam yang pertama adalah kontrak tradisional, lalu yang kedua adalah ruang kerja bergabung yang dikelola sendiri. Dan tipe terakhir adalah kawasan kerja bersama yang dikelola oleh pihak luar.

“Norma baru menjelma hal yang relatif, tergantung pada kebutuhan perusahaan, tipe bisnis, strategi dan kebiasaan perusahaan itu sendiri, ” ujarnya kepada MNC Palang Indonesia, Minggu (28/2/2021).

  Baca juga: PPKM Mikro Diperpanjang, Karyawan 50% WFH

Menurut Hendry, norma baru ini kudu sejalan dengan tujuan usaha yang disiapkan atau tujuan utama jangka panjang. Daerah kerja yang ideal harus menyediakan berbagai pengaturan kegiatan yang berfokus memfasilitasi konsentrasi dan kolaborasi antar pegawai.