JAKARTA – BLT UMKM atau Bantuan Produktif Daya Mikro (BPUM) tahun 2021 sudah mulai disalurkan. Bohlam 31 Maret 2021, BLT UMKM telah diterima 5, 2 juta pelaku usaha mikro dengan total perkiraan Rp6, 29 triliun.

Setiap pelaku cara mikro akan mendapatkan pemberian sebesar Rp1, 2 juta, jumlah tersebut menurun dibandingkan besaran BLT yang dikasih pada 2020 sebesar Rp2, 4 juta.

Selain nominalnya, total penerima juga berkurang dibandingkan total penerima pada tarikh 2020 yang sebanyak 12 juta orang. Tahun itu penerima berkurang menjadi 9, 8 juta pelaku jalan mikro.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengemukakan pengurangan total penerima BLT UMKM tersebut dikarenakan kendala anggaran pemerintah.

Walaupun begitu, Teten membicarakan pihaknya tengah mengupayakan bunga penerima BLT UMKM sebanyak 3 juta orang. Tempat meminta Kementerian Keuangan menaikkan anggaran bagi BLT UMKM ini.

“Sebenarnya 9, 8 juta tersebut masih jauh dari lulus. Sebenarnya yang mengajukan ke kantor kami bisa bertambah besar, karena itu kami mohon bantuan untuk mengagendakan kepada Kementerian Keuangan buat menambah menjadi 12 juta lagi berikutnya karena masih banyak yang belum menyambut, ” kata Teten Teten dalam rapat kerja secara Komisi VI DPR RI terkait Evaluasi Pelaksanaan Tumpuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Kamis (1/4/2021).

Baca selengkapnya: Ternyata! BLT UMKM Sudah Cair, 9, 8 Juta Pelaku Jalan Dapat Rp1, 2 Juta

(kmj)