JAKARTA – Pemerintah memerosokkan pertumbuhan perusahaan rintisan dan adopsi teknologi untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional. Pasalnya, salah satu upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi adalah dengan menciptakan iklim kewirausahaan yang lebih baik termasuk mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan dari skala usaha mikro.

Menteri Pemimpin Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengucapkan pengembangan ekosistem kewirausahaan, sepatutnya menggunakan pendekatan yang melibatkan akademisi, zona bisnis, komunitas, pemerintah, dan media.

  Baca juga: Duh, Pelaku Usaha Hanya Bisa Bikin Produk tapi Bingung Ngejualnya

“Pengembangan kewirausahaan menggunakan sinergi antar stakeholder untuk saling mendukung dan menguatkan ekosistem kewirausahaan agar dapat berjalan secara lengkap dan berkesinambungan, ” kata Airlangga dalam webinar, Jakarta, Kamis (01/10/2020).

Menurut dia, pengembangan ekosistem kewirusahaan juga menetapkan didukung dengan peningkatan ekosistem digital khususnya bagi Usaha Mikro, Mungil, dan Menengah (UMKM).

  Baca juga: Cara Erick Thohir Dorong UMKM Menyelundup Pasar Digital

Dalam hal ini, kolaborasi antara pemerintah, pelaku ekonomi digital, industri, dan akademisi sangat dibutuhkan untuk menemukan alternatif solusi yang ulung dalam mengakselerasi pengembangan ekonomi digital dan transformasi digital di Indonesia.

Apalagi, sokongan UMKM terhadap perekonomian Indonesia lulus besar, yaitu: 97% berkontribusi kepada serapan tenaga kerja; 60, 42% berkontribusi terhadap investasi; serta 14, 37% berkontribusi terhadap ekspor.

“Momentum ini tentunya perlu dimanfaatkan oleh para karakter usaha, termasuk UMKM, untuk bisa menyelenggarakan kegiatan berbasis online, ” katanya.

Menindaklanjuti berbagai dampak pandemi Covid-19 kepada UMKM, pemerintah telah meluncurkan kebijaksanaan stimulus UMKM guna memperkokoh dan memberdayakan UMKM. Pemerintah juga langsung memberikan dukungan tambahan kepada UMKM melalui kebijakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus selama masa pandemi.

“Sebagai jalan meningkatkan kemampuan usaha dan pemasaran produk UMKM, Pemerintah juga telah meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Hasil Indonesia (Gernas BBI), ” ujarnya.

(rzy)