JAKARTA – Perekonomian China tampaknya berangkat membaik pada kuartal II-2020. Terekam, ekonomi China tumbuh 3, 2% (yoy) pada kuartal II-2020.

Pertumbuhan ekonomi China mengalahkan ekspetasi analis dan rebound dari kontraksi di kuartal prima. Ekonomi China pulih karena pagebluk corona virus mereda dan efek dari stimulus yang dikeluarkan tadbir. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan produk domestik bruto sudah tumbuh moderat sebesar 2, 5% pada kuartal April hingga Juni.

PDB kuartal perdana China mengalami kontraksi 6, 8% (yoy) pada tahun 2020 karena negara dengan ekonomi terbesar ke-2 di dunia itu mendapat bogem mentah besar dari wabah corona virus. Ini adalah penurunan PDB prima di negara itu setidaknya semenjak 1992, ketika catatan triwulanan resmi dimulai.

“Secara umum, ekonomi nasional mengatasi konsekuensi buruk dari epidemi di ronde pertama secara bertahap dan menunjukkan momentum pertumbuhan restoratif dan pemulihan bertahap, lebih lanjut mewujudkan ketahanan pembangunan dan vitalitasnya, ” logat Biro Statistik Nasional China dilansir dari CNBC.

Baca selengkapnya: Negara Lain Resesi, Ekonomi China Muncul 3, 2% pada Kuartal II-2020

 

(rzy)

Loading…