JAKARTA – Bagi yang mempunyai hobi mengutak-ngatik kendaraan bermotor, ternyata bisa menghasilkan pundi-pundi kekayaan. Salah satunya membuka usaha salon kendaraan bermotor baik itu motor maupun mobil.

Kesempatan ini bisa menjadi jalan karena pasarnya yang cukup banyak. Saat ini, sebagai anak bujang menginginkan kendaraan tampil keren masa dikendarai.

Layaknya orang, untuk tampil cantik dan menawan perlu masuk ke salon. Di sana kendaraan bisa mendapatkan jasa dan akan dipermak menjadi bertambah cantik bin keren.

  Baca juga: Mau Buka Usaha Studio Foto? Begini Hitungan Untung Ruginya

Misalnya bikin cloning catnya, ditambah aksesorisnya atau didandani secara berbagai atribut yang membedakan dengan yang lainnya. Makin beda dengan yang lain maka makin menarik mengindahkan dan tentunya makin mahal juga ongkos yang dikeluarkannya.

Di sinilah peluang dengan ingin mengambil kesempatan menjadi pengusaha pemula di bisnis salon motor. Membuka jasa untuk mendandani dan mempercantik kendaraan orang lain jadi solusi untuk bisnis.

Lalu seberapa menguntungkan sih emangnya? Coba kamu bayangkan saat ini untuk membersihkan satu mesin saja sudah memerlukan biaya sekitar lima ribu rupiah. Padahal jika kamu lihat, dimana-mana jumlah motor sekarang sudah semakin banyak.

  Baca selalu; 5 Persiapan yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Usaha Baru

Jadi ini mampu menjadi kesempatan kamu untuk mendapatkan cuan. Misalnya, dalam sehari ada 10 motor, maka kamu sudah mendapatkan penghasilan Rp50 ribu & sebulannya sekitar Rp1, 5 juta.

Itu perdana sebesar mencuci dan belum menyemir. Untuk mendapatkan motor yang lebih kinclong biasanya biayanya sampai Rp10. 000 per motor. Jadi potensi penghasilannya masih sangat besar.

Lantas, kalau kamu sudah siap apa saja sebenarnya yang perlu dilakukan untuk mengasaskan usaha ini? Mengutip dari buku ‘Peluang Usaha untuk Anak Muda’ karya Agoeng Widyatmoko, berikut hal-hal yang harus disiapkan untuk membuka bisnis salon motor:

  Baca juga: Mal Dibuka Ekonomi Bergerak, Karyawan Kembali Gajian

1. Lokasi

Untuk memulai cara sebenarnnya lokasi yang cukup untuk menampung minimal dua motor. Kalau kamu belum memiliki modal yang cukup untuk menyewa tempat dengan cukup strategis, coba saja buat memakai halaman rumah.

Namun, jika memiliki modal lebih, bisa mencari lokasi yang dekat kampus, dekat kos-kosan ataupun lokasi lain yang dekat secara lalu lintas kendaraan bermotor.

Biaya sewa tunggal sangat bervariasi. Mungkin hanya Rp200 ribu per bulan, tapi mampu juga lebih dari itu. Namun, usahakan punya tabungan lebih sebab usaha ini.

2. Modal Kerja

 

Modal utama usaha ini yang pasti adalah peralatan steam salju, mesin cucu steam. Harganya pun beragam sebenarnya.

Selain itu, perlu menggunakan uang untuk membeli kuas pembersih, sikat pembersih dan cawan sabun untuk membersihkan motor atau mobil. Tak hanya itu, harus menyiapkan atau menginvestasikan untuk membeli kain pembersih, pengkilap dan shampo mobil.

Perlu juga modal kerja untuk sewa tanah. Kemudian perlu modal untuk operational cost seperti listrik, air, telepon, barang pakai. Disisi lain kamu juga membutuhkan karyawan sekitar 2 orang.

3. Pekerja

Secara teknis memang hanya perlu asisten sebanyak dua orang. Bisa juga meminta tumpuan kepada dua orang ini buat membantu menjalankan bisnis.

Tapi kalau sudah semakin berkembang, pertimbangkan untuk menambah karyawan untuk membantu kamu. Karena lama-lama malah nantinya kamu tinggal mengawasi saja tanpa perlu turun lengah sendiri.

Loading…