JAKARTA – Menteri Koordinator Tempat Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pemerintah bersama seluruh pemangku kepentingan perlu fokus mengatasi dari hulu lalu ke hilir soal jumlah kenaikan kasus Covid-19.

Menurutnya, pemerintah telah menerapkan beberapa strategi untuk menangani pandemi Covid-19 di Indonesia. Terdapat dua strategi untuk menyalahi masalah dari hulu.

  Baca juga: Filipina Lockdown, Nusantara Tidak tapi Ekonominya Sama-Sama Tak Pasti

“Pertama, menurutnya adalah pemerintah bersama dengan berbagai pemangku kepentingan melakukan kampanye perubahan perilaku dan deteksi awal penyebaran Covid-19 serta menggencarkan tracing dan isolasi, ” ujar tempat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/9/2020).

Langkah kedua menurut nya adalah membangun pusat-pusat karantina & isolasi. Karantina terpusat disediakan buat pasien Covid-19 orang tanpa fakta (OTG) dan ringan di kota-kota dengan kasus Covid-19 tertinggi dalam delapan provinsi.

  Baca juga: Pedagang Asongan Curhat Omzet Turun, Jokowi: Negeri Kita Minus

“Jadi, lokasi ini tentunya akan tetap menyediakan fasilitas yang bertemu dengan kebutuhan pasien, seperti peralatan kesehatan dan obat, ” tutur dia.