JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan swasembada bawang putih pada 2024. Pemerintah pun sudah mempersiapkan beberapa strategi guna merealisasikan target tersebut.

Bawang putih merupakan satu diantara bahan utama dalam setiap olahan. Bahkan saat ini tak kurang ditemui olahan bawang putih di ragam bentuk.

Perlu diketahui, bahwa kebutuhan komoditas bawang putih nasional sangat tinggi. Oleh karena itu, pemerintah terus menggenjot produktivitas bawang putih nasional.

Baca Juga:   Harga Bawang Merah Naik, Hari Ini Dijual Rp62. 735/Kg

“Kementerian Pertanian (Kementan) RI menetapkan, Indonesia akan swasembada bawang suci pada 2024 mendatang, ” tulis Kementan dalam akun Instagram @kementerianpertanian, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Kebutuhan bawang putih nasional zaman ini mencapai 500 hingga 600 ribu ton per tahunnya. Sementara untuk produksi bawang putih nasional berada pada angka 88. 000 ton per tahun.

Kementan pun menggenjot perluasan areal tanam bawang putih pada kira-kira daerah. Seperti yang dilakukan di daerah Jawa Tengah yang menjelma sentra produksi bawang putih terbesar. Dengan kebutuhan areal tanam bawang putih yang mencapai 70. 000 hektare.

Baca Juga:   Presiden Jokowi: Ada yang Sengaja Permainkan Harga untuk Untung Besar

“Kebutuhan lahan areal penanaman hati putih mencapai 70. 000 hektare. Saat ini data menunjukkan areal yang baru mencapai 12. 000 hektare, ” tulis Kementan.

Kementan juga terus mendampingi keberlangsungan proses dan penjaminan nilai per kilo dari petani tak jatuh saat panen dengan bekerja sama dengan tengkulak.

(fbn)