JAKARTA – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan berencana untuk membuat satu website khusus untuk Undang-Undang Cipta Kerja. Nantinya, dalam website tersebut hendak berisikan informasi tentang UU Membikin Kerja yang bisa diakses sebab publik secara gratis.

Menurut Luhut, usulan ini telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Dengan dibuatnya website ini diharapkan pertanyaan publik terkait dengan sulitnya mengakses informasi tentang UU sapu jagat ini bisa terjawab.

Baca Juga: Soal UU Membuat Kerja, Moeldoko: Presiden Jokowi Menetapkan Tak Populis

“Saya sudah usul ke presiden, semua itu kita masukan ke satu web di mana semua orang bisa akses, ” ujarnya dalam acara Outlook 2021: The Year of Opportunity secara virtual, Rabu (21/10/2020).  

Selain sebagai informasi, lanjut Luhut, website ini juga sebagai perkakas agar masyarakat bisa berkontribusi di usulan aturan turunan dari UNDANG-UNDANG Cipta Kerja. Sehingga semua masukan masyarakat terkait aturan pelaksanaan UNDANG-UNDANG Cipta Kerja ini bisa tertampung.

“Bisa masukan jadi aturan turunan, peraturan pemerintah segala macam itu akan bisa dilihat, bisa dikoreksi, ” ucapnya.

Luhut berharap, dengan iktikad dari masyarakat, pelaksanan Omnibus Law Cipta Kerja dapat lebih efektif. Karena sudah mengakomodir keinginan sebab beberapa pihak, meskipun menurutnya situasi tersebut sudah dilakukan sejak kausa penyusunan aturan sapu jagat itu.

“Walaupun konsultasi nyata waktu itu banyak. Tapi dengan kita buka web ini bakal bisa lebih bagus saya kira, ” kata Luhut.

(kmj)