JAKARTA kepala Menteri Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir akan menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Menyetujui. Hal ini untuk berbicara soal vaksin halal.

“Pertemuan dan perbincangan nantinya buat memastikan bahwa vaksin halal menjelma prioritas, ” ucap Erick di dalam video virtual di Jakarta, Jumat (11/9/2020).

  Baca pula: Menko Airlangga: 480. 000 Obat Diproduksi untuk Pasien Covid-19

Karena itu, tinggi dia, jika hasil kerjasama secara Sinovac dalam uji klinis tahap ketiga baik, Indonesia mendapatkan komitmen 20 juta dosis vaksin tahun ini dan tahun depan kurang lebih 250 juta.

“Enggak stop di situ saja, kita juga menggandeng Uni Emirat Arab (UEA) dan Kimia Farma, ada komitmen 10 juta dosis vaksin, dan di kuartal I nanti ada 50 juta ukuran. Insya Allah, ada 30 juta dosis vaksin tahun ini & tahun depan itu ada 300 juta, ” tambahnya.

  Baca juga: MENODAI Bakal Produksi Obat Avigan Lawan Corona

Erick mengatakan, meski total dosis vaksin yang didapatkan bisa mencapai 340 juta, hal ini bukan bermakna stoknya sudah secured.

“Ini bukan berarti sudah secured, rakyat Indonesia itu ada 260 juta lebih, masing-masing dibanding mereka harus mendapatkan dua suntikan, ” tuturnya.

(rzy)