JAKARTA – Perekonomian Indonesia medium di ambang resesi. Hal itu dikarenakan ekonomi RI kuartal II-2020 minus 5, 32%.

Akan tetapi, pemerintah tetap yakin Indonesia tidak diambang resesi. Pasalnya, kuartal III-2020 terlihat perekonomian semakin membaik.

  Mengaji juga: Ekonomi Indonesia Minus 5, 32%, Airlangga: Masih Lebih Baik dari Singapura

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, beberapa sektor usaha sudah mengalami perbaikan seiring berjalannya kuartal-III 2020. Di antaranya adalah Purchasing Manager’s Index (PMI) Indonesia atau indeks manufaktur Indonesia beruang di posisi 46, 9. Kemudian, indeks keyakinan konsumen juga menemui peningkatan atau sudah mencapai 83, 8.

“Kita lihat dari sektor kendaraan bermotor juga ada kenaikan dari minus 82 ke minus 54. Dari segi inflasi inti ini juga mencerminkan aggregat demand sudah merasai peningkatan di bulan Juli. Daerah perdagangan internasional, ekspor meningkat menjelma USD 12 miliar, ” kata Airlangga dalam diskusi virtual, Selasa (11/8/2020).

  Baca juga: Jadi Ketua Tim Penanganan Covid-19 dan PEN, Erick Thohir: Kita Tak Ambil Kedudukan Doni Monardo

Dia menyebut sektor itu tahu alami kemerosotan jika dibandingkan dengan sektor yang tumbuh positif walaupun ekonomi RI terkontraksi sebesar 5, 32 persen. Salah satunya yakni sektor pertanian. Di mana pertanian berhasil tumbuh positif sebesar 2, 9 persen. Selain itu, di dalam keadaan situasi pandemi sektor teknologi informasi komunikasi juga masih lahir tinggi sebesar 10, 88 komisi.

“Sektor pertanian masih mampu tumbuh posititf, sektor informasi dan komunikasi juga positif. Beberapa hal sejak bulan Juni sudah mengalami perbaikan, ” ujarnya.

  Membaca juga: Sri Mulyani Sebut Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Baru 21, 9%

Dia berharap pada akhir kuartal III nanti terus menunjukkan tren yang positif dari segi penjualan. Sehingga, Indonesia bisa terbebas dari lurah resesi karena pertumbuhannya minus di dua kuartal.

“Diharapkan perekonomian juga semakin elok, ” kata dia.

(rzy)

Loading…