JAKARTA – Kondisi pandemi virus corona mengharuskan semua orang mengabulkan efisiensi. Tidak hanya perusahaan, kita juga harus efisien dalam menamsilkan keuangan hingga akhir tahun.

Lantas apa dengan harus dilakukan agar kantong lestari aman hingga akhir tahun?

  Baca juga: Cara Mudah-mudahan Menabung agar Cepat Kaya

Perencana Keuangan dibanding Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan dua bulan menjelang 2021 sebaiknya semua orang kudu menghemat keuangannya, karena kondisi pandemi Covid-19 ini. Di mana untuk yang masih bekerja harus betul-betul menfaatkan penghasilannya.

“Di tengah pandemi ini membangun para pekerja yang harus bergerak di rumah bisa menghemat pengeluaran. Seperti tidak keluar uang untuk transportasi dan jalan-jalan akhir tarikh, ” ujar dia kepada Okezone, Sabtu (10/10/2020).

  Baca juga: Investasi ORI, Merem Bisa Dapat Cuan

Kemudian, lanjut dia, penghematan itu bisa untuk menabung dan berinvestas. Sementara orang-orang dengan terkena pemotongan gaji atau PHK ini, bisa untuk menciptakan bayar tambahan di rumah. Bahkan mampu mengikuti program-program dari pemerintah.

“Misalnya ada rencana kartu prakerja ya kita harus tau bagaimana mendaftarnya agar kita bisa mendapatkannya. Dan juga bansos dari pemrintah kita harus mendapatkannya, ” ungkap dia.

  Baca juga: Investasi Jangan Selalu Mikir Keuntungan, Menentang Warren Buffett

Dia juga menambahkan dengan memasukkan program-program dari pemerintah itu, orang-orang yang terkena pemotongan gaji serta PHk bisa bertahan hingga akhir tahun.

“Dan juga bisa menciptakan penghasilan mutakhir. Seperti berjualan online menjadi riseller atau bisa menawarkan jasanya meniti online, ” tandas dia.

(rzy)