JAKARTA – Pergola pada rumah memiliki peranan dengan sangat penting. Namun, saat tersebut ada begitu banyak rumah anyar yang sudah dibangun sedemikian bentuk, tetapi tidak menyertakan pergola.

Menciptakan sebuah pergola dengan tepat dan fungsional membutuhkan menggubris khusus, Adapun beberapa tips berikut ini dalam membuat pergola di sendi seperti dilansir dari buku Buah Cantik Pergola oleh Imelda Akmal Architecture Writer Studio, Jakarta, Rabu (14/10/2020).

Baca Juga: 5 Pilihan Bahan Lantai untuk Memermak Dapur

Pertama, cari material yang kuat untuk tiang pergola agar strukturnya sanggup bertahan lama dan tidak barangkali lapuk. Kedua, tentukan atap yang akan digunakan. Jika ingin mengindahkan atap jenis UV roof, jangan taruh tanaman rambat tepat di atasnya.  

Pokok, atap tersebut akan menyerap panas dan membuat tanaman rambat hancur. Salah satu cara mengakali keberadaan tanaman rambat dengan atap UV roof adalah membuat reng/kasau/dudukan semak di atas atap sebagai media rambat tanaman.

Baca Juga: Cara Menata Bagian Tamu dengan Simple tapi Lestari Stylist

Secara demikian, tanaman tidak langsung mengenai atap pergola dan dapat muncul dengan baik. Ketiga, selain tumbuhan rambat, pergola akan tampil lebih cantik jika dihiasi tanaman sampai. Coba cari jenis tanaman pada pot gantung yang menarik.  

Keempat, furnitur jadi elemen penunjang penting disiapkan. Perhatikan baik-baik karakter pergola, jangan membawa kursi dengan bantalan di pergola yang tidak tertutup atap masif.