JAKARTA – Kalau kamu sering jalan ke mal atau pusat perbelanjaan pasti bakal menjumpai pusat percetakan digital. Biasannya, pusat percetakan digital ini mampu mencetak foto dengan pixel mungil dari handphone, foto kreasi dengan sudah hasil olahan digital asing dengan mudah dicetak di mana saja.

Harganya pun kini makin terjangkau, seiring secara perkembangan teknologi digital sendiri. Apalagi sekarang banyak jasa cetak foto digital ukuran 4R hanya secara biaya Rp1000 saja.

Bahkan secara aneka perkembangan yang terus lulus, kini untuk mencetak foto pada media apa saja dapat dilakukan dengan mudah. Mulai dari me di atas kaos, mug atau cangkir hingga ke berbagai media dengan mudah dilakukan.

Hal ini bisa menjadi peluang untuk mengembangkan usaha berbasis rabaan digital dengan mudah dan makin murah. Apalagi bagi anak bujang seperti kamu, pasti menyukai souvenir yang khas bikinan sendiri. Zona dengan media digital ini rencana untuk mencetak secara terbatas di benda-benda kenangan juga bisa dikerjakan dengan cukup mudah.

Baca Juga: 5 Persiapan yang Harus Diketahui Sebelum Menyelenggarakan Usaha Baru

Lalu bagaimana dengan keuntungannya? Bila kamu benar-benar cermat kini sudah menjamur perusahaan-perusahaan penyedia alat pencetak digital berbagai media dengan nilai yang relatif terjangkau. Yang menjelma lebih hebat, tinta untuk mencetaknya bisa didapat dengan biaya dengan sangat murah dengan kualitasnya tidak cukup oke.

Siap jenis usaha ini sangat memiliki prospek yang sangat bagus. Sebagai gambaran, untuk membuat kaos dengan desain sendiri, bahan bakunya hanya sekitar Rp20 ribu saja. Tetapi kamu bisa menjualnya dengan kehormatan sekitar Rp35. 000.

Sementara untuk membuat kartu tanda digital, per 100 biji sasaran dasarnya bisa didapatkan dengan harga di bawah Rp20. 000. Namun kamu bisa menjualnya dengan harga di atas Rp35. 000.

Nah buat kamu dengan sudah penasaran banget dengan peluang dari usaha ini, tenang Okezone sudah merangkumnya buat kamu. Mengambil dari buku ‘Peluang Usaha untuk Anak Muda’ karya Agoeng Widyatmoko, berikut hal-hal yang harus disiapkan untuk membuka bisnis fotografi:

Baca Juga: Pertolongan Tahun Ajaran Baru, Pedagang Sebentuk Sekolah Banjir Orderan

1. Lokasi

Untuk usaha jenis seperti ini diusahakan mencari wadah yang strategis dan banyak dilalui oleh orang. Kamu juga bisa mencari lokasi yang dekat secara pemukiman anak mudah seperti kawasan kos-kosan atau dekat kampus serta sekolah SMA. Namun akan lebih baik jika kamu sewa wadah sendiri di mal.

Sebab jika di dalam was-was perbelanjaan, kamu bisa memajang buatan produk digital kamu di toko atau di tempat-tempat yang tampak oleh lalu lalang orang. Tetapi jika kamu belum punya simpanan yang cukup, tenang kamu bisa coba cari rekanan untuk join sehingga bisa mendapat tempat yang benar-benar strategis. Hal ini diperlukan karena usaha jenis seperti ini akan lebih mudah menarik konsumen jika terletak di daerah dengan cukup padat orang.

Loading…