JAKARTA – Tahun depan pemerintah akan membuka lowongan CPNS dan PPPK. Pembukaan ini nantinya akan mempertimbangkan jumlah kebutuhan pegawai di instansi pemerintahan.

Demikian dikatakan oleh Besar Biro Hukum, Komunikasi dan Bahan Publik sekaligus Juru Bicara Departemen Pendayagunaan Aparatur Negara dan Perombakan Birokrasi (Kemenpan-RB) Andi Rahadian belum lama ini.

  Baca juga: Menghitung Jumlah Formasi CPNS 2021 Berdasarkan PNS yang Purna bakti

Dari bukti terakhir disebutkan bahwa sebanyak 11. 580 formasi CPNS kosong. Masih adanya formasi yang kosong di CPNS tahun 2019 yang di dalam akhir Oktober 2020 sudah ada ketetapan, prinsipnya dapat dipertimbangkan untuk dialihkan ke formasi tahun 2021.

Saat tersebut pihaknya masih melakukan penyusunan jumlah formasi untuk tahun depan. Jadi pengumuman pembukaan menungggu proses pembentukan rampung.

 

Di saat bersamaan, pemerintah juga tengah fokus pada penyelesaian rangkaian penerimaan CPNS tarikh anggaran 2019. Mengingat, rangkaian arahan CPNS 2019 sempat tertunda sebab beberapa hal.

  Baca juga: Ada 325. 476 PNS yang Pensiun di 2019-2020

Saat ini proses seleksi CPNS sudah sampai pada tahap pengumuman. Lalu para peserta yang lolos diminta untuk melengkapi berkas-berkas yang diminta yang bisa dilihat di website SSCN BKN.

Sementara bagi mereka yang tak lolos pun masih mempunyai jalan karena disediakan masa sanggah. Tetapi bagi mereka yang keberatan kudu mengajukan surat keberatan kepada badan seleksi nasional (panselnas).

Berikut ini 4 fakta lowongan CPNS yang perlu diketahui.

4 Petunjuk Lowongan CPNS 2021, Formasi Tersebut Paling Dibutuhkan

(rzy)