JAKARTA – Pembuatan rajin mungil yang indah dan patut bisa dilakukan oleh siapa selalu asalkan mampu menyiasati ruang-ruang ataupun lahan sisa yang ada secara baik.

Dengan mengarungi desain taman, mengeksplor berbagai material/bahan taman dan memadukan beberapa jenis tanaman yang sesuai, pasti bisa menyulap lahan sempit menjadi rajin mungil yang indah dan memiliki pesona yang khas.

Bagi pemilik rumah dengan lahan yang sepan atau siapa saja yang ingin memanfaatkan beberapa bagian lahan yang berukuran mungil, berikut adalah kaum inspirasi seperti dilansir dari kunci 22 Desain Tanaman Mungil oleh Hadi Susilo Arifin, Arif Suwita, Jakarta, Rabu (7/10/2020).

Baca Juga: 3 Jalan Mengelola Tanaman di Rumah Cantik

Pertama, rajin mungil sebagai ruang hijau dalam sudur halaman rumah dapat menyerahkan nilai fungsional, baik fisik & ekologis ruangan, serta meningkatkan kadar estetika lingkungan.

Kehadiran taman dapat memberikan keasrian & keindahan yang menyejukkan mata bagi pemilik atau tamu yang bertandang. Taman juga dapat dinikmati dibanding dalam ruang melalui jendela cermin maupun dari luar ruangan.

Kedua, taman mungil sebagai pengisi ruang yang berada pada samping tangga masuk yang dipisahkan dengan partisi bangunan tembok. Berbagai jenis tanaman dalam pot diletakkan di atas partisi untuk mempertinggi halangan pandang.

 

Penggunaan tanaman pot ini bersifat dinamis karena dapat diganti pustaka saja.

Ketiga, rajin mungil di bawah jendela memanfaatkan lahan yang ada. Variasi elemen tanaman sukulen, yaitu berbagai macam sanslviera dan tanaman penutup tanah seperti kucai-kucaian yang dipadukan dengan elemen batu kali yang mulia menunjang gaya country yang dimunculkan oleh penggunaan kayu-kayu bangunan vila bertekstur tanpa warna cat.

Keempat, taman sempit yang dibangun dengan memanfaatkan lahan sisa di antara carport dan teras ajaran rumah. Jumlah jenis tanaman yang digunakan relatif sederhana, yaitu hanya dengan empat macam sudah menyampaikan nuansa hijau yang asri & tidak terlalu rumit dalam pola.