JAKARTA – Saat ini sudah banyak ide bisnis yang bisa memberikan keuntungan besar. Peluang untuk mendirikan usaha semakin luas mengingat pasar yang bisa ditargetkan pun sangat luas dengan memanfaatkan perkembangan internet. Orang pun banyak beralih dari pekerjaan tetap lalu memulai bisnis.

Jika ingin memulai bisnis yang menguntungkan, berikut adalah tujuh langkah untuk memulai bisnis sendiri tanpa membuang waktu dan sumber daya keuangan yang berharga, dilansir dari The Balance, Jumat (26/3/2021).

1. Pastikan bidang kewirausahaan adalah pilihan terbaik

 

Jika seseorang berpikir untuk memulai bisnis karena kehilangan pekerjaan dan kesulitan menemukan yang baru, pikirkan untuk melakukan pencarian kerja yang lebih baik. Sewa pelatih karier atau dapatkan pelatihan. Memulai bisnis jauh lebih sulit daripada mendapatkan pekerjaan.

Baca Juga: 5 Bisnis Kuliner Kekinian, Auto Laris! 

Selain itu, pikirkan apakah sumber daya yang diperlukan cukup untuk memulai bisnis. Calon pengusaha harus memiliki motivasi diri, mau berkorban banyak dan mampu bertahan dalam jangka panjang selama bisnis berkembang dari awal.

2. Tentukan jenis bisnis yang cocok

Waralaba atau independen? Layanan atau manufaktur? Ritel fisik atau online? Konsumen atau bisnis-ke-bisnis? Ada lusinan jenis bisnis dan usaha, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Harus bijak dalam memilih dan mempertimbangkan banyak hal.