JAKARTA – Beberapa orang menganggap menghemat uang adalah hal yang cukup suram untuk dilakukan. Padahal menghemat uang dapat menjaga kesejahteraan finansial di masa aliran. Ini juga sering diperlukan bagi mereka yang mencari jalan untuk hidup lebih tepat dan berupaya mengurangi pengeluaran.

Dengan langgeng fokus untuk menabung di setiap pembelian yang dikerjakan, dapat melatih diri untuk secara bertahap memotong pengeluaran dan menjadi lebih ingat akan anggaran tersebut.

  Baca juga: 5 Trik Atur Keuangan bagi Pengantin Baru

Berikut lima cara yang dapat menghemat uang masa melakukan pembelian sehari-hari, bagaikan dilansir dari The Balance, Minggu (14/3/2021).

1. Beli Contoh Bekas, Diperbarui, atau Bertambah Lama

Membeli barang bekas hendak selalu memberikan diskon besar. Selain itu, bisa pula dengan menemukan barang rekondisi atau refurbished yang tentunya akan dijual dengan harga jauh lebih murah sebab barang baru.

  Baca pula: Cara Mudah Sisihkan Perolehan untuk Menabung

Jika ingin membeli sesuatu barang, pertimbangkan kalau model tahun lalu barangkali lebih murah. Membeli objek yang lebih lama (baik bekas atau musim lalu) akan selalu membantu taksiran.

2. Periksa Promosi dan Kupon

 

Solusi paling umum buat menghemat uang dalam pembelian yang tidak dapat dihindari adalah dengan menggunakan bon. Mengumpulkan kupon bisa menjelma komitmen yang memakan masa, tetapi kontribusi kecil ini dapat sangat membantu taksiran.