JAKARTA – Pasca pandemi virus corona, kini banyak sekali penggunaan financial technology seperti dompet elektronik. Di sisi lain, atas kemudahan dalam menggunakan teknologi tersebut, menerbitkan lebih mudah untuk tergoda mengambil sesuatu secara online, yang kesimpulannya menjadi lebih boros daripada sebelumnya.

Dengan fasilitas untuk membeli berbagai kebutuhan dibanding mulai makanan, baju, mainan budak hingga belanja bulanan. Perlu menganalogikan keuangan di era digital tersebut dengan komitmen.

  Menangkap juga: Kenapa Ada Generasi Sandwich? Berikut 5 Penyebabnya

Bukan menjadi tak mungkin memanfaatkan kemudahan tersebut sekali lalu membuat keuangan lebih sehat. Melansir dari laman pribadi Prita Ghozie, Jakarta, Kamis (30/7/2020) berikut adalah checklist agar dapat lebih bijak dengan Promo Dompet Elektronik:

1. Membagi dan mengatur gaji bulanan

Mulia minggu sebelum tanggal gajian, luangkan waktu untuk mengisi tabel rancangan pengeluaran yang diinginkan di bulan mendatang. Dapat menggunakan aplikasi keuangan di smartphone atau pun mencatat di MS Excel atau membuat catatan tertulis. Secara sederhana, untuk gaji untuk 3 hal yaitu hidup rutin (Living) 50%, dana dan investasi (Saving) 30%, serta bersenang-senang (Playing) 20%. Jika jarang masak di rumah, artinya berterima untuk pesan makanan akan menyelap ke pos Living. Sedangkan, untuk jajan tambahan akan masuk ke pos Playing.

  Baca juga: Mau Liburan Murah Meriah? Begini Caranya

2. Peruntukan Rupiah di Awal

Tanpa mempedulikan besaran promo, perlu disiplin buat hanya mengisi saldo dompet elektronik diawal bulan saja. Jadi, dapat bebas menggunakan saldo dompet selama dananya masih ada. Tahan diri juga untuk tidak tergoda dengan promo cicilan.

Loading…