JAKARTA – Ruang tamu menjadi salah utama kepentingan pada rumah karena fungsinya yang utama digunakan untuk menyambut tamu. Sering kali ruang tamu diletakkan di dalam rumah, seluruhnya pun terdapat pilihan menempatkan bagian tamu di luar.

Namun, penempatan ruang tamu di dalam rumah sebaiknya perlu memerhatikan elemen-elemen tertentu agar bisa lestari memberi kenyamanan bagi pemilik rumah maupun tamu yang datang.

Baca Juga: Cara Percantik Dinding Rumah dengan Puzzle Batu Bata

Menurut buku Make Over Ruang Tamu oleh Randy Permana Dahlan, S. Ds, Yogie Candra Bhumi, S. Ds., Jakarta, Senin (12/10/2020), ada kurang tips yang dapat dipertimbangkan sebagai berikut.

Pertama, bila di siang hari, sebaiknya terang didapatkan dari bukaan jendela, jadi cahaya dari luar masuk ke dalam ruang, hal ini pula untuk menghemat daya listrik. Namun, jika berlebihan tambahkan fitrase dan gordyn.

Mengaji Juga: Sebelum Bangun Rumah, Pelajari Dulu soal Pondasinya

Kedua, jika di malam hari, adakalanya menambahkan pencahayaan rekaan yang bersifat general seperti down light atau lampu gantung.

Ketiga, penghawaan dan sirkulasi udara di ruang tamu betul penting dan harus tetap terjaga. Untuk itu, diperlukan ventilasi yang cukup, penyaring udara yang bersih, serta bukaan jendela.

Keempat, meninggikan langit-langit ruang tamu juga dapat dijadikan solusi jadi udara panas dapat ke berasaskan dan mendapatkan sirkulasi udara yang lebih besar.

(kmj)