JAKARTA berantakan Dalam hampir semua segmen retail atau tingkat pengecer dan serupa dalam berbagai industri, perusahaan-perusahaan gembung selalu berusaha menyingkirkan bisnis-bisnis kecil. Semakin sedikit pemain yang bisa memperoleh banyak uang.

Namun, dengan hal tersebut jangan langsung terburu-buru menutup cara. Meski memang sulit untuk berdiam dalam bisnis di tingkat penjaja, tetapi masih ada harapan, & masih ada banyak perusahaan kecil yang mampu bertahan.

Seperti melansir dari buku “The Owner’s Manual for Small Business” oleh Rhonda Abrams, Jakarta, Senin (10/8/2020), berikut merupakan hal-hal dengan perlu dilakukan untuk bertahan pada usaha:

  Baca juga: 4 Dasar Menetapkan Tujuan Perencanaan Keuangan

1. Tentukan macam persaingannya, bukan pihak lain yang menentukan

Utama hal yang paling penting ialah mengetahui bahwa tidak akan pernah bisa menang bila mengikuti pertunjukan mereka. Sebagai contoh, tidak akan pernah bisa menurunkan harga lebih rendah daripada mereka, jadi jangan coba-coba.

2. Melakukan diferensiasi

Ketahui bahwa usaha milik pribadi berbeda dari para lawan besar. tetapi konsumen mungkin tak melihatnya. Harus menawarkan serangkaian keluaran atau jasa yang jelas-jelas bertentangan dari para pesaing besar.

  Baca serupa: 6 Cara Penataan Produk dalam Toko agar Menarik Konsumen

Kemudahan atau servis yang baik saja mungkin tidak cukup untuk membedakan dari pesaing. Sebuah toko kecil berusaha menambahkan lebih banyak hadiah untuk pada setiap pembelian karena mereka tahu tidak mampu bersaing dalam hal makna dengan toko-toko besar.

3. Melakukan objek

Harus melayani perubahan dalam pemilihan produk, layanan, dan lain-lain. Jika diam saja, pasti akan terlindas denga para pesaing yang ramai bergerak.

Memiliki keuntungan karena dapat menyesuaikan diri dengan tren anyar atau perkembangan pasar dengan jauh lebih cepat.

(rzy)

Loading…