JAKARTA – Carport menjadi satu diantara tempat untuk melindungi kendaraan atau barang lain yang berada di sungguh ruang rumah. Banyak pula yang memanfaatkannya sebagai garasi sementara buat memarkir kendaraan.

Konstruksi carport sendiri jauh lebih gampang dan sederhana dibandingkan garasi permanen. Hal ini membuat sebagian karakter memilih untuk membangun carport.

Walaupun begitu, pemilihan material dan rencana carport bukan hal sepele. Kudu dipertimbangkan dan dipilih sejak kausa.

Baca Pula:   Punya Banyak Manfaat, Memendam Jeruk Nipis di Rumah Jadi Pilihan

Bagaikan yang dilansir dari buku Konsep Kreatif Renovasi Rumah karya Santi Hasan dan Anisah Utami, Jakarta, Rabu (16/9/2020). Berikut tips untuk renovasi sederhana pada carport.

Pertama, ciptakan kesan bersih dan minimalis.

Carport dengan struktur pondong datar dan kolom beton menjelma salah satu pilihan untuk membawa kesan minimalis. Jika tidak mau diganggu dengan kehadiran dari bentuk pipa dari talang air, sembunyikan pipa tersebut dengan pemasangan dalam kolom penyangga atap.

Baca Juga:   Begini Cara Bikin Ruang Olahraga pada Area Rumah

Kedua, modern dengan jalusi.

Jalusi bisa menciptakan kesan dinamis pada carport. Elemen tersebut dapat diaplikasikan pada atap carport sebagai bidang yang menghubungkan kolom-kolom penyangga atap.

Pemanfaatan jalusi tersebut mampu memungkinkan menciptakan carport yang benar oleh cahaya alami. Cahaya yang akan tetap masuk, namin intensitasnya dapat dikurangi dengan adanya jalusi.

Ketiga, natural dengan tanaman rambat.

Pilih konstruksi carport sekali lalu yang berfungsi sebagai struktur pergola. Kayu atau baja dapat menjadi alternatif material.

Kadar dari estetis kayu akan bertambah berkesan alami, sedangkan baja umumnya unggul dari kemudahan pemasangan. Padukan struktur kayu dengan kolom bata eskpos untuk menciptakan kesan rustic.

(fbn)